Sunday, April 19, 2015

Banyuwangi Sunrise of Java

     Pada hari Jumat tanggal 19 April 2015, saya dan teman-teman pergi mengunjungi Cak Durasim Surabaya untuk menyaksikan Gelar Seni Budaya Daerah 2015 yang mengambil Kabupaten Banyuwangi sebagai tema budaya yang diangkat sebagai pagelaran. Karena hari itu hari Jumat, maka ceritanya TGIF (Thank God It's Friday) saya dan teman-teman hang out bareng di Cak Durasim sebagai generasi yang nantinya akan melestarikan budaya Indonesia.




     Gelar Seni Budaya Daerah memiliki peminat yang cukup banyak. Tidak hanya dari masyarakat biasa, namun mahasiswa, penikmati seni, serta pejabat juga mengunjungi acara ini untuk mengenal budaya Kabupaten Banyuwangi lebih dalam. Tidak hanya pertunjukkan, namun juga ada stan-stan yang menjual batik Banyuwangi, kerajinan tangan khas Banyuwangi, dan kami pun juga dipandu oleh pemilik stan untuk mengenali produk yang mereka jual.






  
     Suasana saat masyarakat dan mahasiswa yang mengunjungi stan kerajinan tangan khas Banyuwangi dan pemilik stan pun juga turut memandu mahasiswa dalam memperoleh informasi yang lebih luas mengenai kebudayaan Banyuwangi yang dapat dikenali melalui kerjinan tangan maupun batik.




 

     Produk kerajinan tangan dan batik khas Banyuwangi. Batik khas Banyuwangi saat ini sedang naik daun. Ya, batik khas Banyuwangi telah ditampilkan dalam ajang Indonesia Fashion Week 2015 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayang, Jakarta. Bahkan, Bupati Banyuwangi juga turut memperkenalkan batik Banyuwangi di fashion week bergengsi tanah air kita.







     Suasana pembukaan Gelar Seni Budaya Daerah Kabupaten Banyuwangi, yang turut dimeriahkan oleh tarian dan kunjungan pejabat ke tiap stan yang ada. Kursi penonton pun juga dipadati oleh pengunjung dan untuk menonton pertunjukkan, saya dan teman-teman harus rela berdiri di belakang pendhopo untuk menyaksikan pertunjukan.


     Saya dan teman-teman saat menghadiri Gelar Seni Budaya Daerah 2015 Kabupaten Banyuwangi. Kami sangat menikmati acara tersebut, dan dapat mengenal budaya Kabupaten Banyuwangi lebih dalam lagi, sehingga pengetahuan kami mengenai keragaman budaya negara Indonesia semakin luas dan kami pun dapat melestarikan budaya-budaya Indonesia yang sangat kaya.

www.vqamanda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment