Tuesday, February 17, 2015

Mengenal Budaya Nganjuk dalam 2 Hari




Kridhaning Budaya Bumi Anjuk Ladang
Oleh Kabupaten Nganjuk (13-14 Februari 2015)

      Jumat, 13 Februari 2015 saya dan teman-teman mempunyai rencana yang berbeda untuk malam Jumat kami. Kebetulan pada saat itu adalah Friday 13th, di mana tanggal dan harinya dianggap keramat. Kami berencana untuk menonton pagelaran budaya Kabutane Nganjuk di Taman Budaya Cak Durasim di tengah kota Surabaya. Taman budaya ini berada tidak jauh dari bangunan Siola dan Tunjungan Plaza. Lokasi dari Taman Budaya Cak Durasim dapat dibilang cukup strategis, namun untuk mencari tempat parkir cukup susah dan parkir mobil agak berdesak-desakan, karena tidak adanya garis pembatas parkir antar mobil. Untuk masuk ke pagelaran budaya ini, tidak dikenakan biaya alias FREE.


Reklame pagelaran budaya

Suasana pintu masuk Taman Budaya Cak Durasim






     Pukul 8 malam saya dan teman-teman tiba di Taman Budaya Cak Durasim dan langsung berjalan dari tempat parkir menuju tempat pagelaran budaya. Di sana sudah sangat ramai pengunjung dari pegawai pemerintah, pecinta seni, hingga murid sekolah swasta. Ketika kami datang, acara sudah sampai pada Hastungkara dan sambutan Bupati Nganjuk, serta penukaran cinderamata.


Suasana penonton pagelaran budaya Nganjuk

Tarian Grundung






     Berikut suasana penonton Pagelaran Budaya Nganjuk. Dan setelah itu terdapat Tarian Grundung. Pada saat tarian dimulai, lampu dipadamkan. Otomatis suasana menjadi gelap dan banyak orang memotret acara tersebut menggunakan blitz kamera, sehingga petugas yang berpatroli di sana berkeliling untuk mengingatkan penonton agar tidak menggunakan blitz saat memotret dan merekam acara, dengan raut wajah yang tidak mengenakkan.


Tarian Anjung Ladang







     Setelah itu, adapula Tarian Anjung Ladang yang memiliki gerakan mirip dengan kegiatan bertani dan memproses padi setelah panen. Selain adanya pertunjukan di panggung, ada juga beberapa stan yang mengelilingi wilayah Taman Budaya yang menggambarkan budaya Kabupaten Nganjuk.



Penonton yang antusias dengan pagelaran budaya


Mahasiswa IHTB UC bertanya pada penjaga stan pariwisata Kabupaten Nganjuk






     Tidak mau kehilangan momen, saya dan teman-teman berfoto bersama baik difotokan, maupun selfie. Karena kami adalah para wanita yang sangat senang mengabadikan momen bersama. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan dan berhati-hati jika berjalan kaki di tempat parkir, karena saya sendiri hampir terbentur portal masuk tempat parkir. Disarankan juga menjaga barang bawaannya masing-masing dan tidak menggunakan aksesoris berlebihan yang dapat mengundang terjadinya hal yang tidak diinginkan. 



Saya bersama teman-teman


Taman Budaya Cak Durasim Surabaya
Address: Jl. Genteng Besar, Jawa Timur 60275, Indonesia
Phone:+62 31 5345108

www.vqamanda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment